Selasa, 10 April 2012

Rintisan Rumah Baca Rumah Cerdas

Suatu kali saat mudik, saya berbincang dengan seorang kawan yang heran melihat saya begitu getol membaca sebuah buku. Kawan tadi dengan agak sinis bertanya, berapa duit yang saya habiskan untuk membeli buku itu. “Lihat sendiri di halaman depan, “ jawabku.

Dia tercengang melihat harga buku yang tertera di halaman judul. “Mahal banget bukunya. Gimana mau baca, buat beli saja tak kuat. Gaji saja masih kurang buat makan,”komentar kawan yang seorang tenaga honorer di sebuah instansi, melihat harga buku sekitar Rp.30.000,-. Kali ini giliran saya yang terhenyak. Mereka menganggap buku sehargaa 30 ribu itu adalah hal yang tidak mampu mereka beli. Padahal, saya begitu mudah membelanjakan buku itu dengan uang saku selama merantau kuliah di Yogyakarta. Maka terbesitlah sebuah keinginan untuk memilki taman baca hingga semua orang di daerah tempat saya tinggal mampu membaca apa yang mereka mau tanpa memikirkan ongkos beli buku.

Tentu cerita ini fiktif! Tapi keinginan untuk membuat perpustakaan kecil di desa saya itu adalah hal yang sebenar-benarnya nyata! Hal ini dilatarbelakangi oleh pengalaman masa kecil. Sewaktu kecil, saya kekurangan bahan bacaan karena tak ada toko buku dan perpustakaan umum yang bisa dikunjungi dengan bebas. Untuk membeli pun rasanya harus berfikir berkali-kali. Maka, ketika saya mulai merantau di Yogyakarta, saya terus mematangkan konsep perpustakaan kecil yang ingin saya buat.

Rintisan taman baca yang akan diberi nama “RUMAH CERDAS”. Sesuai rencana taman baca ini akan bertempat di sebuah rumah di Jalan Martayuda No. 03, Karang Benda, Margasari, Kabupaten Tegal. Perpustakaan RUMAH CERDAS akan digelar setiap hari dan dibuka untuk umum. Rencana kegiatan antara lain perpustakaan , nonton film bersama, dan belajar bersama (belajar dalam hal ini  bermakna belajar tentang apapun: belajar pada alam, belajar menulis, belajar membaca, dll). Komunitas kecil ini diharapkan akan mampu memelekkan anak-anak desa tentang dunia.

Untuk itu, kami memohon kawan-kawan untuk bersedia berpartisipasi merintis pembangunan Taman Baca RUMAH CERDAS. Partisipasi kawan-kawan bisa diwujudkan dengan menyumbangkan buku-buku, majalah (bekas maupun baru) atau dengan ikut menjadi penggerak di lapangan.

Sumbangan buku-buku dan majalah bisa dikirim atau diantarkan langsung ke alamat :

Jalan Martayuda No. 03, RT. 01, RW. 10. Karang Benda, Margasari, Tegal, Jawa Tengah. Kode Pos 52463

Atau

Kost Dwiprama, Demanga, Gondokusuman I, NO. 296, Yogyakarta.


Bantuan kawan-kawan sangat kami harapkan. Terima kasih! Salam cerdas!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar